Tuesday, May 12, 2009

ALLAH DALAM NAMA YESUS KRISTUS MENGUTUS ROH KUDUS

Sumber bacaan: Yoh 14:21-26
“Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu”

Pernyataan Yesus Kristus tersebut (ayat 25-26) sampai sekarang merupakan keyakinan umat kristiani tentang Tritunggal. Tritunggal, tiga pribadi yang bersatu dalam kasih yaitu Allah yang berpibadi Bapa, Putera dan Roh Kudus. Allah Bapa mencipta segala sesuatu, Allah Bapa menjelma menjadi Putera dalam diri Yesus Kristus, dan Allah mengutus Roh Kudus dalam nama Yesus Kristus. Inilah rahasia iman kristiani yang tidak bisa diterima oleh melulu rasio/ akal budi manusia yang terbatas, melainkan melalui keyakinan iman. Iman yang berangkat dari permenungan mendalam atas karya penyelamatan Allah dalam iman kristiani.
Di jaman sekarang, Roh Kudus hadir di tengah-tengah dunia. Roh Kudus hadir dalam hati setiap orang untuk menyuarakan, membimbing dan mengingatkan ajaran kebenaran dan tentang kerajaan CINTA KASIH. Persoalannya, apakah kita mau mendengarkan bimbingan dan bisikan Roh Kudus tentang kebenaran Cinta Kasih melalui hati nurani kita? (Pormadi Simbolon)

No comments: