Tuesday, April 25, 2006

LAHIR DARI ROH

LAHIR DARI ROH

Senin, 24 April 2006
Bacaan: Yoh 3:1-8

LAHIR DARI ROH

Nikodemus diam-diam datang menemui Yesus pada malam hari. Nikodemus rupanya heran dengan hidup dan karya-karya Yesus selama pewartaan Kerajaan Allah pada masa itu. Dalam batinnya timbul berbagai pertanyaan yang belum terjawab tentang siapa Yesus sebenarnya. Ia sendiri ingin mendengar jawaban itu dari Yesus sendiri. Ia pun per mendatangi Yesus dan lalu berdiskusi.

Dalam pertemuan malam itu, Nikodemus mengakui bahwa Yesus mengakui bahwa Yesus adalah Guru yang diutus Allah. Namun pengakuan Nikodemus itu dijawab dengan pernyataan kunci tentang siapa Diri Yesus sesungguhnya. “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah” (Yoh 3:3) demikian pernyataan Yesus. Nikodemus malah bingung, bagaimana mungkin orang bisa dilahirkan kembali?

Lalu Yesus hanya menjelaskan bahwa seorang yang percaya kepada Allah harus dilahirkan dari air dan Roh, sehingga ia mampu melihat Kerajaan Allah. Artinya pembaptisan dengan air dan Roh merupakan syarat mutlak untuk menjadi anggota Kerajaan Allah.

Kita pun seringkali seperti Nikodemus. Kita mengakui Yesus Kristus sebagai utusan Allah dan Juru Selamat, namun seringkali kita belum mampu memahami dan melihat Kerajaan Allah. Kita belum sungguh-sungguh mendalami bahwa sesudah pembaptisan kita harus mengikuti bimbingan dan keinginan Roh Allah. Kita seringkali mengikuti bimbingan dan keinginan daging. Kata Yesus, “Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh adalah roh” Apakah kita sudah lahir dari Roh? AMIN (Pormadi Simbolon)

No comments: