Tuesday, April 23, 2013

Ibarat Gembala dan Domba-Nya

Mengingat seorang tokoh pasti kita teringat akan satu ciri atau karakteristik is tokoh tersebut. Ciri atau karakteristik tersebut bisa berupa hal positif bisa juga hal negatif.

Ketika teringat akan SBY, kita teringat akan tutur kata dan bahasanya yang santun. Ketika teringat Jokowi, kita teringat pembawaannya yang sederhana dan kalem.

Begitu juga dengan tokoh-tokoh besar agama. Mendengar Yesus kita teringat akan ajaran kasih-Nya. Kita teringa juga akan sebutan gembala dan domba. Yesus mengibaratkan diriNya sebagai Gembala, dan orang yang percaya kepada-Nya sebagai domba.

Terkait domba Yesus pernah berkata: "Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka"

Gembala mengenal domba, dan domba mengenal suara gembala. Bila ada gembala lain datang, pasti ketahuan oleh domba-domba.

Berikut kutipan bacaan Injil tentang siapa Yesus bagi domba-domba-Nya. Tidak lama kemudian tibalah hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin. Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo. Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami."
Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku. Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu." (Yoh 10:22-30)

Barang siapa percaya pada Yesus, ia pasti mengingat ajaran kasih kepada Tuhan dan sesama. Ia juga tahu bahwa Yesus akan memimpin mereka sebaga domba. Gembala tidak akan membiarkan satu pun domba-Nya binasa. Amin
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: