Tuesday, May 09, 2006

“AKU DAN BAPA ADALAH SATU”

“AKU DAN BAPA ADALAH SATU”

Bacaan: Yoh 10:22-30
Selasa, 09 Mei 2006
======================================

Teks dari ayat 22-23 merupakan lukisan setting perbincangan Yesus dengan sekelompok orang Yahudi. Ayat 24 berisi tentang pertanyaan orang-orang Yahudi yang berangkat dari keheranan dan kebimbangan mengenai siapa Yesus sebenarnya, apakah Sang Mesias atau tidak. Lalu ayat 25-30 berisi jawaban-jawaban Yesus bernada kesal dan sedikit marah atas pertanyaan orang-orang Yahudi itu. “Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya” (ay.25)

Orang Yahudi belum percaya bahwa Yesus adalah Mesias. Padahal Ia sudah melakukan begitu banyak pekerjaan-pekerjaan yang memberikan kesaksian mengenai eksistensi Yesus, seperti mujizat penyembuhan, mujizat penggandaan roti, mujizat anggur baru pada pernikahan di Kana dan lain sebagainya.

Berkali-kali pula Yesus mengatakan bahwa Dia dan Bapa adalah satu. Dia adalah utusan Bapa ke dunia untuk memberi hidup dan menggembalakan domba-domba yang diberikan Bapa kepadaNya. Namun orang-orang Yahudi tetap belum percaya bahkan pada akhirnya mereka menyalibkan Yesus. Ketidakpercayaan mereka mendorong Yesus mengeluarkan kata-kata bahwa orang-orang Yahudi tidak termasuk domba-dombaNya. Mengapa? Mereka tidak mendengar suara dan mengikuti Yesus serta tidak percaya kepadaNya.

Yesus Kristus adalah Sang Mesias dan bersatu dengan Bapa. Dia tinggal bersama-sama dengan Bapa. Semua orang yang percaya kepadaNya adalah domba-dombaNya. DombaNya mendengar suara dan mengikuti gembala yaitu Yesus.

Jika anda, saya dan kita adalah domba Yesus, apakah kita mengenal Dia? Ketika kita dalam kesulitan atau berduka, apakah kita mendengarkan suara dan tuntunanNya? Ketika kita sedang bersukacita atau bergembira, apakah kita bersyukur kepada Sang Gembala yang Baik? AMIN (Pormadi).

No comments: