Friday, May 12, 2006

PERCAYALAH, JANGAN GELISAH!

PERCAYALAH, JANGAN GELISAH!

Catatan: renungan ini adalah untuk orang beriman Kristen

Jumat, 12 Mei 2006
Bacaan: Yoh 14:1-6
===========================================

Pembicaraan Yesus dengan murid-murid semakin lama semakin serius dan mendalam. Yesus mengatakan “Janganlah gelisah hatimu: percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pegi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu” (ay.1-2).

Para murid gelisah karena disinyalir ada pengkhianat (Yudas) di antara mereka dan akan adanya penyangkalan Petrus. Meskipun mereka sudah lama tinggal bersama Yesus, namun mereka belum mengenal Yesus. Hal ini tebrukti dari pertanyaan Tomas (ay.5) sampai pada akhirnya tahu siapa Yesus sesudah peristiwa Kebangkitan Yesus.

Perkataan Yesus ini menjadi peneguh dan penegas dasar harapan Gereja atau orang beriman akan kehidupan sesudah kematian. Barang siapa percaya pada Allah dan Yesus sebagai jalan, kebenaran dan hidup, maka ia akan tinggal bersama Yesus Kristus di tempat Bapa tinggal.

Percayalah, jangan gelisah hatimu! Seruan Yesus ini menimbulkan semangat dan harapan akan nasib kita sesudah kematian. Yang menjadi tuntutan Yesus dari orang-orang beriman adalah percaya pada Allah dan Yesus sebagai orang beriman. AMIN (Pormadi Simbolon)

No comments: