Thursday, May 11, 2006

SUPAYA KAMU PERCAYA BAHWA AKULAH DIA

SUPAYA KAMU PERCAYA BAHWA AKULAH DIA

Kamis, 11 Mei 2006

Bacaan: Yoh 13:16-20

===========================================

Yesus sudah tahu bahwa Dia harus mati disalibkan karena pengkhianatan salah seorang muridNya Yudas. “Tetapi haruslah denap nas ini: orang yang makan rotiKu, telah mengacungkan kakinya terhadap Aku” sabda Yesus (ay.18). Sebab Dia datang untuk melakukan kehendak bapa. “Jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia”(ay. 19). Barang siapa menerima orang yang Kuutus, Ia menerima Aku, dan barang siapa menerima Aku Ia menerima Dia yang mengutus Aku. (ay. 20).

Sabda Yesus ini diucapkanNya sesudah melakukan pembasuhan kaki para muridNya pada malam perjamuan terakhir sebagai teladan yang seyogiyanya diikuti para muridNya. Sesudah menyampaikan perkataan-perkataanNya, Yesus memperingatkan Yudas, orang yang akan mengkhianatiNya.

Peristiwa Paskah yang kita peringati setiap tahun merupakan puncak pengetahauan orang beriman bahwa Yesus benar-benar utusan Bapa. Namun pernyataan ini belum kita pahami secara mendalam bila kita tidak akrab membaca Kitab Suci. Kitab Sucilah sumber iman itu. Apakah aku, anda, kita sering membaca dan merenungkan Kitab Suci dan lalu melaksanakan dan mewartakan iman yang kita dapatkan? AMIN (Pormadi Simbolon)

No comments: