Friday, May 05, 2006

DIA TINGGAL DALAM AKU, DAN AKU DALAM DIA

DIA TINGGAL DALAM AKU, DAN AKU DALAM DIA

Hari Jumat 05 Mei 2006
Bacaan, Yoh 6:52-59
================================
Kata Yesus, “Barang siapamakan dagingku dan minum darahKu, ia tinggal dalam Aku adan Aku dalam dia (ay. 56). Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan hidup oleh Bapa, demikian juga yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku (ay.57).

Pernyataan-pernyataan Yesus tersebut menegaskan lagi bahwa perayaan Ekaristi yang Dia adakan pada malam perjamuan terkahir sebelum penalibanNya merupakan tanda peneyerahan diri sebagai korban. Di tengah para murid, Ia mengambil roti dan membagi-bagikannya. Lalu ia meminta para murid untuk menerima dan memakan roti yang merupakan simbol tubuhNya dan lalu menyuruh mereka agar menjadikan itu sebagai momen kenangan akan Dia.

Setiap hari Minggu atau bahkan ada yang harian, perayaan Ekaristi dirayakan. Pada saat itu pulalah roti yang kita makan dan merupakan tanda dan kehadiran Kristus yang disalibakan memberikan kekuatan dan kehidupan ilahi. Kita menjadi hidup oleh Yesus Kristus yang hidup dari Bapa. Ia tinggal dalam kita dan kita dalam Dia. Apakah kita sudah bisa menghayati dan mengimaninya? AMIN (Pormadi Simbolon)

No comments: