Monday, May 15, 2006

ROH KUDUS AKAN DIUTUS DALAM NAMAKU

ROH KUDUS AKAN DIUTUS DALAM NAMAKU

Senin, 15 Mei 2006
Bacaan: Yoh 14:21-26
===========================================

Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firmanKu dan BapaKu akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan akan bersama-sama dengan dia (ay.23). Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu; Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu (ay.25-26).

Perkataan Yesus ini memberikan sedikit gambaran eksistensi Tri Tunggal Mahakudus. Dia menggambarkan bahwa Dia, Bapa dan Roh Kudus merupakan satu kesatuan. Bapa yang menciptakan, Putera(Yesus Kristus) yang menebus dan Roh Kudus menghibur. Itulah kesatuan Tritunggal Mahakudus. Itu bukan berarti bahwa ada tiga Tuhan tetapi tetap satu. Sulit menjelaskannya, tetapi benar-benar ada tertulis dalam Kitab Suci dan itulah yang harus dipercayai dengan iman dan bukan dengan rasio murni (logika).

Setiap hari aku selalu memohon agar Roh Kebijasanaan (Roh Kudus) selalu menguasai hari, akalbudi dan tindakanku agar selalu dengan bijaksana dalam bekerja, bertindak, berbicara, berpikir dan berbela rasa dalam kehidupan bersama dengan orang lain. Meskipun demikian, kadang-kadang aku lemah dan tidak mengikuti bimbingan Roh Kebijasanaan, sehingga aku mengandalkan kemampuan diri. Tetapi aku akan tetap memohonnya agar Dia membimbingku menuju Sang Kebijaksanaan, Tri Tunggal Mahakudus. AMIN (Pormadi Simbolon)

No comments: